Archives for 2013

Rumah Eksotis dengan Bata Expose

Rumah yang seluruhnya terbuat dari bata expose akan memberikan kesan eksotis dan berbeda dari rumah kebanyakan. Hal ini karena sebagian besar orang menganggap bahwa membuat rumah dengan bata seperti ini memakan uang yang lebih banyak (padahal biasa pemeliharaannya lebih kecil). Rumah eksotis dengan bata expose pun menjadi sesuatu yang jarang terlihat, dan kesan uniknya menjadi lebih kental. Apalagi, rumah bata expose sebenarnya bukan produk baru, melainkan sudah dipakai sejak lama dari sekitar seabad sebelumnya.

Bata Expose Sebagai Bangunan Unik

Selain untuk rumah modern, bata expose dulunya sering dijadikan bahan membuat rumah dan bangunan umum di Amerika Serikat serta Eropa di awal abad modern. Hal ini karena bata expose dianggap murah karena tidak perlu dicat. Seiring waktu, dengan perkembangan teknologi pembuatan material bangunan, bata expose tidak lagi menjadi gaya umum. [Read more…]

Hunian Alami dengan Bata Expose

Hunian alami merupakan tempat tinggal yang diidamkan banyak orang, terutama jika tinggal di tengah kota yang panas dan padat. Hunian alami bisa memiliki banyak tanaman, kebun, serta menggunakan prinsip daur ulang dan hemat energi dalam pembangunannya. Hunian alami dari bata expose bisa menjadi solusinya. Selain berkesan alami, bata ini juga bisa membantu Anda menghemat, baik uang maupun energi.

Kesan Alami dari Bata Expose

Bata expose adalah bata yang dibuat agar tidak perlu dilapisi. Jadi, dari segi penghematan, bata ini sangat hemat karena Anda tidak perlu melapisi dan mengecatnya lagi, melainkan cukup melapisinya dengan pelapis transparan untuk melindungi dari jamur dan lumut. Pelapis yang disebut clear coating ini kini banyak yang bahan dasarnya air sehingga ramah lingkungan. [Read more…]

Bata Hias dan Expose

Jika Anda sudah bosan dengan hiasan taman dari semen atau dinding rumah yang mulus-mulus saja, cobalah berkreasi dengan bata hias dan expose. Bata expose, terutama, merupakan tren klasik pembangunan rumah yang dipopulerkan lagi di jaman modern. Selain irit, hiasan taman atau dinding rumah menggunakan bata expose menonjolkan kesan klasik seperti jaman dulu, dan natural seperti di rumah pedesaan.

Bata Expose untuk Bata Hias

Bata expose cocok untuk bata hias karena permukaannya lebih mulus dan halus dibandingkan bata biasa, sehingga tidak akan berkesan sebagai bangunan yang belum selesai. Bahkan, ada bata expose yang dibuat dalam bentuk khusus, misalnya berongga di depan atau dibentuk tipis mirip genteng, diberi tekstur agak kasar, dan ada juga yang bisa dipahat membentuk ukiran seperti bata expose Bali. [Read more…]

Bata Ekspos Tempel

Seiring dengan trend gaya hidup kembali alam atau back to nature, dunia arsitektur pun terkena imbasnya dengan tampilan dinding rumah yang memberi kesan alami. Pemakaian batu  bata ekspos atau batu bata tanpa plester sebagaimana rumah-rumah kuno kini kembali digemari. Para penyuka gaya batu bata ekspos ini kadang membuat seluruh dinding rumahnya dengan tampilan batu bata tanpa plester, atau hanya di beberapa ruangan saja. Bila Anda ingin merubah dinding rumah Anda dengan model  seperti ini tetapi enggan membongkar dinding Anda, maka bata ekspos tempel bisa menjadi solusi bagi Anda.

Perbedaan batu bata ekspos dan batu bata ekspos tempel

Batu bata ekspos adalah batu bata untuk membangun dinding rumah tanpa plester, plamir, atau pun cat. Setelah pemasangan bata, Anda hanya perlu memoleskan cat pelapis anti air agar dinding Anda terbebas dari ancaman jamur dan warnanya menjadi lebih mengkilat. Sedangkan batu bata ekspos tempel adalah batu mirip keramik, yang bisa langsung ditempelkan pada dinding rumah Anda, jika Anda menginginkan tampilan rumah yang berbeda dan memberi kesan alami atau klasik tanpa membongkar dinding rumah Anda.

Kelebihan dan kekurangan batu bata ekspos tempel

Kelebihan menggunakan batu bata ekspos tempel adalah Anda dapat merubah suasana rumah Anda menjadi klasik dan alami tanpa perlu membongkar dinding rumah lama Anda. Anda bisa memilih pola batu ekspos tempel sesuai selera, karena terdapat beragam warna, motif, dan corak  yang beragam. Kekurangan bata ekspos tempel adalah bentuknya yang seragam sehingga kurang terlihat natural seperti batu bata ekspos yang asli, walaupun bata ekspos tempel lebih cocok digunakan pada dinding yang luas dan tetap memberikan kesan etnik.

Interior yang cocok dengan dinding bata ekspos

Untuk semakin menonjolkan kesan klasik pada rumah Anda, tambahkan interior yang mendukung seperti mebel-mebel kuno, atau furniture yang terbuat dari bahan  alami seperti rotan, bambu, dan kayu. Mebel-mebel dengan design modern atau futuristik tidak terlalu sesuai bagi ruangan dengan konsep klasik seperti itu. Nah, cukup praktis bukan cara untuk mengubah suasana tempat tinggal Anda?

Dinding Batu Bata Tanpa Plester

Sebagaimana mode di dunia fashion yang selalu berputar, demikian pula trend yang terjadi di dunia arsitektur. Dinding batu bata tanpa plester sekarang semakin digemari karena menampilkan kesan elegan dan klasik bagaikan rumah-rumah tempo dulu. Selain itu, dinding yang dibiarkan tanpa diplester dan dicat ini juga membuat rumah terlihat alami sesuai dengan motto back to nature alias kembali ke alam. Beberapa orang memilih menggunakan batu bata tanpa plester ini untuk membangun keseluruhan dinding rumah, tetapi ada pula yang memilih ruangan-ruangan tertentu saja yang dibangun dengan bata tanpa plester atau yang dikenal juga dengan sebutan bata merah ekspos ini. [Read more…]