Bangun Rumah Bata Merah Ekspos yang Berkesan Natural

Pernahkah Anda melihat rumah yang seluruh dindingnya terbuat dari bata merah expose? Rumah bata merah ekspos tidak memakai pelapis di bagian luar temboknya (seperti cat atau semen) sehingga hanya batanya saja yang terlihat. Kesan yang timbul mungkin bermacam-macam; unik, berseni, terlihat natural dan bahkan klasik atau mirip dengan rumah khas jaman kolonial.

Apa yang membuat orang mau bersusah-payah membangun rumah dengan dinding bata seperti itu, sementara orang lain malah berlomba-lomba menghias rumah dengan beragam warna cat? Mari kita lihat keuntungan membangun rumah dengan dinding bata merah expose dan mengapa Anda sebaiknya mencobanya jika ingin membangun rumah.

Daya Tarik Visual Rumah Bata Ekspos

Jika ada yang mengatakan bahwa rumah dengan dinding bata merah expose terlihat klasik atau seperti rumah jaman kolonial, hal itu mungkin karena memang benar bahwa rumah berdinding bata merah populer di pertengahan hingga akhir 1900-an. Rumah bata merah ekspos dibangun sebagai sarana penghematan sekaligus memberikan kesejukan ekstra di dalam rumah. Belakangan, gaya membangun rumah seperti ini pun menjadi populer. Jaman sekarang, orang membangun rumah berdinding bata merah expose dengan alasan yang sama, antara lain sebagai berikut:

  • Rumah bata expose tidak membutuhkan biaya ekstra saat dibangun, yaitu untuk pelapisan dan pengecatan dinding. Saat sudah jadi pun tidak membutuhkan perawatan seperti rumah yang dilapis semen dan cat.
  • Rumah bata expose terasa lebih sejuk saat kita ada di dalamnya. Hal ini karena pori-pori bata membuat sirkulasi udara lebih lancar.
  • Rumah bata expose kesannya lebih unik, berseni sekaligus alami sehingga kesannya lain dari yang lain.
  • Rumah bata expose hanya membutuhkan lapisan pelindung dari jamur dan lumut; selain itu, Anda bisa menikmatinya sepanjang tahun tanpa harus mengecat ulang.

Rumah bata merah ekspos juga memiliki kesan natural yang cukup kuat; hal ini karena rumah ini menonjolkan unsur bata yang menjadi elemen pembangun rumah. Jadi, rumah dengan bata merah expose sangat cocok dipadukan dengan berbagai dekorasi dan perabot sehingga Anda bebas berkreasi.

Speak Your Mind

*