Bata Expose Bali dan Kelebihannya untuk Dinding Rumah Artistik

Jika anda pernah berkunjung ke Bali, anda tentu pernah melihat bangunan rumah atau gapuran yang begitu natural dan eksotis dengan bata expose Bali sebagai materialnya. Anda juga bisa mendapatkan finishing yang sama degan mendapatkan bata Bali di toko yang jual bata. Kesan bangunan klasik sangat terasa saat kita melewati jajaran rumah berdinding bata tipe ini.

Penggunaan bata Bali memang sedikit rumit. Pemasangannya membutuhkan tenaga berpengalaman. Di Bali, bata jenis ini sering dipakai untuk menghias seluruh elemen ruangan kantor, rumah, retoran maupun pertokoan. Secara tidak langsung, penggunaan bata jenis ini telah melestarikan budaya khas Bali. Tertarik untuk mencobanya? Anda tidak harus berdomisili di Bali untuk bisa mewujudkan bangunan rumah seperti itu!

Pemasangan bata expose Bali

Bata expose Bali memang tergolong unik dan langka. Di Bali, bata ini dihasilkan di daerah Tulikup, Klungkung. Di luar daerah Bali, tidak banyak toko yang jual bata jenis ini. Teknik pemasangannya adalah dengan menyerut bata terlebih dahulu. Kemudian, bata direndam. Bata dipastikan memiliki ukuran yang sama barulah dipasang. Selanjutnya, bata expose Bali yang telah terpasang akan ditaburi semen lalu digosokkan hingga menempel.

Sambungan antar bata terlihat tipis, seolah tak ada perekatnya. Untuk finishing, permukaannya dihaluskan kembali.  Sebagian dari orang Bali beralih menggunakan bata biasa untuk dinding rumahnya, barulah kemudia dipasang bata expose tempel. Sebab, pemasangan bata expose Bali yang asli lebih rumit. Untuk menciptakan sebuah hunian dengan desain yang artistik, memang diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam menggarapnya. Biasanya, pengerjaannya dilakukan oleh tukang berpengalaman.

Kelebihan Bata Expose Bali yang Asli

Bata expose Bali memiliki tekstur yang halus dan padat, tahan terhadap cuaca ekstrim dan kokoh, sehingga bata tipe ini cocok digunakan untuk dekorasi outdoor, seperti dinding atau gapura. Untuk mendapatkannya, anda tidak perlu jauh-jauh ke Bali, karena sejumlah toko online jual bata tipe ini. Selain itu, bata ini bisa diukir sehingga hasil akhirnya lebih artistik. Itulah salah satu keistimewaannya.

Harganya  memang lebih mahal dibandingkan jenis bata lainnya. Namun, hasil yang anda dapatkan akan sebanding.Di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, jumlah rumah yang mengguna bata expose sebagai material utamanya tidak sebanyak di Bali, karena memang pasokannya cukup terbatas. Bata expose Bali yang terbuat dari tanah liat hanya ada di Bali. Bahan utama inilah yang banyak dikirim ke luar daerah untuk diproses menjadi bata expos khas Bali.

Singkatnya, bata jenis ini sangat sesuai bagi anda yang menginginkan hunian dengan nuansa etnik kental atau tradisional. Hasil akhirnya akan semakin komplit jika dipadukan dengan perabotan rumah tangga yang tradisional maupun furniture bernuansa alami, seperti furniture kayu jati jepara.

Speak Your Mind

*