Sebagai tempat dengan kehidupan pariwisata yang begitu gemerlap pulau Dewata Bali memang sangat menggelitik untuk dieksplor dari berbagai sisi, termasuk dari segi arsitekturnya. Bila Anda pernah mengunjungi Bali tentu sering mendapati berbagai bangunan mulai dari rumah, tempat ibadah, gapura, dan sebagainya yang bernuansa natural sekaligus eksotis dengan citra seni yang tinggi. Salah satunya adalah dengan pengaplikasian Bata expose Bali yang memang mempunyai karakter tersendiri bila dibandingkan dengan jenis bata expose lainnya. Bila dicermati dengan teliti dinding-dinding bangunan dengan bata expose dari Bali ini akan mengingatkan kita pada model bangunan-bangunan tempo dulu sehingga nuansa klasik benar-benar terasa.

 

Pengertian Bata expose Bali pasang dan tempel

Secara umum ada dua jenis bata expose yaitu bata tempel pasang dan tempel. Yang dimaksud bata expose pasang adalah jenis bata expose yang dalam pengaplikasiannya sebagaimana memasang bata merah biasa hanya saja hasil susunan lebih rapi dengan nat yang lebih tipis. Sementara bata expose tempel adalah jenis bata yang dalam pemasangannya sebagaimana memasang keramik.

Bila Anda menginginkan tampilan dinding Anda berubah dengan bata expose tetapi tak ingin membongkar dinding rumah maka Anda dapat memilih produk bata expose tempel. Sementara, bila dinding belum dibangun, maka Anda bisa membangun dinding dengan bata pasang. Untuk mendapatkan produk Bata expose Bali Anda bisa browsing di internet sehingga dapat memilih toko terbaik dan terpercaya. Beberapa point yang bisa menjadi pertimbangan Anda adalah, kualitas, harga, dan jenis produk.

Dari segi pemasangan untuk jenis bata expose Bali memang agak rumit bila dibandingkan memasang bata expose biasa. Inilah sebabnya diperlukan tenaga ahli atau berpengalaman. Anda bisa menggunakan produk batu expose Bali untuk menghias rumah, kantor, pertokoan, restoran, café, dan berbagai elemen bangunan lainnya. Masyarakat Bali percaya bahwa pengaplikasikan bata dengan corak tradisional tersebut merupakan salah satu partisipasi untuk melestarikan budaya Bali.

Yang unik dari produk Bata expose Bali dibandingkan bata expose dari daerah lainnya adalah mempunyai corak yang langka. Pada proses finishing bata jenis ini pun berbeda dengan bata expose lainnya, yaitu harus ditaburi semen terlebih dahulu sebelum kemudian digosok hingga menempel. Pembuatan produk yang rumit tentu berbanding lurus dengan harga produk yang juga lebih mahal, bahkan hingga 2 kali lipat harga batu bata expose biasa. Tetapi jangan merasa sayang membeli dan mengaplikasikan produk bata expose ini untuk rumah Anda.

Setelah mendapatkan informasi tentang produk bata expose dari Bali Anda juga sebaiknya mengetahui cara merawat dinding tersebut. Simak ulasannya.

  1. Mengaplikasikan nat ubin akan membuat dinding dari bata expose tetap awet karena nat akan merekatkan bata sekaligus mencegah air terserap masuk. Jadi penggunaan bahan ini untuk mengisi celah-celah dinding akan melindungi dinding dari kelembapan. Menggunakan nat ubin dengan warna yang kontras dengan dinding juga akan memberikan tampilan yang unik dan artistik.
  2. Untuk mencegah dinding keropos Anda bisa menggunakan sealer sebagai pelapis. Dengan pengaplikasian sealer dinding akan terlindung dari debu, sekaligus kelembaban. Anda juga bisa menggunakan sealer dengan glossy finish look sehingga dinding terlihat berkilat seperti dicat.
  3. Sebelum menerapkan material pelapis, terlebih dahulu dinding harus dibersihkan dengan bahan campuran air dan cuka serta scrubbing dengan sikat berbulu.

Nah, tak perlu ragu lagi bila hendak menerapkan Bata expose Bali untuk hunian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *