Bata Expose Tempel, Pilihan Jitu untuk Dinding Rumah

Ruangan didalam rumah bisa menampilkan karakter kuat dan membuat suasana rumah semakin nyaman. Dengan sentuhan industrial, dekorasi dinding dengan bata expose membuat rumah adem. Selain itu, cerminan rumah ideal dapat terwujud dengan menggunakan bata jenis ini. Bata cantik ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Karena telah dirancang secara khusus dengan material tanah liat berkualitas.

Aksesori Dinding dengan Bata Expose Tempel

Cara pembuatan dinding berbahan dasar bata expose memang lebih rumit. Selain itu, bata ini juga terbilang langka. Lantas bagaimana jika dinding rumah anda sudah terlanjur dibangun menggunakan bata merah biasa? Sungguh tidak mungkin membongkarnya kembali, kecuali jika ingin direnovasi beberapa bagian atau terdapat penambahan lantai dan pelebaran ruangan. Nah, anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan bata expose tempel. Cara ini dlakukan dengan mendekor dinding tanpa perlu membongkar ulang dinding. Menarik, bukan?

Dinding rumah dari bata merah biasa tetap dapat dihias dengan bata expose tempel. Mislanya, untuk membuat sekat dalam ruangan, anda tidak perlu membangun fondasi yang tertancap ke tanah. Lapisi barang-barang di sekitarnya dengan nilon. Kemudian gunakan spatula guna mengerok cat awal yang ada di dinding tersebut. Hasil akhirnya adalah seperti tampilan dinding yang menggunakan bata merah expose asli. Dengan demikian, rumah anda sukses memiliki nuansa klasik, modern dan suasana alam, tanpa anda harus mengalokasikan budget yang terlalu besar.

Memilih batas expose tempel yang baik

Bata tempel biasanya diproduksi oleh pabrik dengan tekstur tersendiri. Ukurannya lebih tipis karena hanya berfungsi sebagai pelapis dari luar, bukan merupakan komponen utama. Namun, anda tetap harus memilihnya secara seksama, agar hasil akhirnya lebih rapi dan tahan lama. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih bata expose tempel yang baik:

  • Pastikan bahwa rusuk-rusuk di bagian sudut semuanya rapi, dan permukaannya datar
  • Pilih bata yang utuh, tidak menunjukkan gejala retak atau berubah bentuk. Jika retak, maka hasil akhirnya tidak akan rapi
  • Pilih bata yang warnanya merata. Warna merata di sini bukan berarti semua warna memiliki warna yang seragam, melainkan warna yang merata di setiap kepingannya. Variasi warna antar lembaran justru akan menghasilkan kombinasi yang unik dan lebih alami.  Bata expose terbuat dari tanah liat alami, jadi jangan berharap untuk mendapatkan warna yang seragam secara keseluruhannya.
  • Pastikan batu bata yang anda pilih padat dan kokoh, agar lebih awet

Selain itu, anda bisa memanfaatkan kreativitas anda untuk memvariasikan lembaran-lembaran bata expose tempel sesuai kombinasi warna yang diinginkan. Sebagai contoh, anda bisa membentuk formasi melingkar atau membentuk papan catur, dengan gradasi warna yang sesuai. Tidak sulit bukan?  Namun, jika anda tidak berpengalaman, sebaiknya gunakan jasa kontraktor atau tukang yang sudah berpengalaman dengan pekerjaan tersebut.

Comments

  1. iwan made says:

    Apa bisa bata merah di ukir seperti paras bali yg gampang diukir ? Kalau bisa dimana kami bisa minta alamatnya ?Thks

Speak Your Mind

*