Gaya hidup kembali ke alam atau back to nature saat ini semakin marak saja dan mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan termasuk dalam bidang arsitektur. Semakin  banyak masyarakat yang menghendaki huniannya bernuansa alami nan asri terutama mereka yang bertempat tinggal di kawasan perkotaan. Salah satu alasannya adalah rumah  dapat sekaligus menjadi sarana “pelarian” sejenak dari atmosfer perkotaan yang sibuk, mempunyai tingkat stress tinggi, serta ritme hidup yang luar biasa cepat. Lalu bagaimana bila hunian Anda tergolong berkonsep minimalis dengan lahan yang terbatas mengingat harga tanah di kawasan perkotaan yang melangit? Jangan berkecil hati dulu karena Anda dapat mengaplikasikan bata expose untuk menciptakan suasana alamidi  rumah Anda.

Bata Expose

Mengaplikasikan bata expose untuk kesan alami pada rumah

Jadi bila Anda tengah mencari inspirasi untuk membuat istana  Anda tampak alami dan eksotis tanpa menghabiskan budget  yang terlalu besar, mungkin pengaplikasikan bata expose adalah solusi yang dapat dipertimbangkan. Apa itu bata merah expose? Bagi yang belum pernah mendengarnya, bata merah expose berbeda dengan jenis bata biasa yang umum digunakan untuk membangun dinding rumah atau gedung.

Dengan menggunakan bata merah expose Anda tak perlu lagi  menutup bata ini dengan semen dan plamir atau bahkan mengecatnya. Tujuan pemasangan bata merah ini adalah memunculkan sisi artistik rumah dengan sengaja memperlihatkan tekstur bata bata pembentuk dinding. Dengan begitu rumah Anda  menjadi sebagaimana rumah-rumah di kawasan pedesaan Eropa. Menarik sekali, bukan?

Bata expose lebih ramah lingkungan dan hemat

Dengan mengaplikasikan bata expose, sekali lagi dinding rumah  Anda tak lagi perlu disemen, diplester, dicat, atau diberi pelapis wallpaper, artinya Anda akan dapat menghemat pengeluaran untuk kebutuhan tersebut. Jadi, selain lebih hemat, konsep tersebut juga lebih ramah lingkungan sehingga artinya Anda turut berpartisipasi dalam pelestarian alam ini. Konsep  yang sangat sesuai bagi mereka yang bertekad kuat menerapkan pola hidup bersahabat dengan alam serta back to nature dalam keseharian.

Tak hanya dapat digunakan untuk membangun dinding bagian dalam rumah atau interior, bata merah ekspose juga cocok digunakan untuk membangun dinding luar rumah, misalnya untuk taman depan atau belakang rumah Anda. Tetapi karena langsung bersentuhan dengan udara luar, terkena hujan, serta paparan sinar matahari  maka dinding akan lebih  cepat  kusam karena kotoran dan jamur. Untuk mengatasinya Anda harus melakukan perawatan ekstra secara  berkala.

Bata Expose

Alternatif lainnya untuk membuat rumah terlihat unik dan berbeda dibandingkan rumah-rumah lainnya adalah dengan mengaplikasikan bata merah ekspos ini tidak pada keseluruhan hunian, melainkan hanya untuk ruangan-ruangan tertentu saja atau bahkan pada dinding-dinding tertentu saja. Misalnya, hanya pada sebuah sisi dinding yang menjadi partisi atau pembatas ruangan di dalam rumah. Atau bila tidak demikian Anda bisa menerapkan sendiri ide-ide serta kreativitas Anda.

Tak hanya berwarna merah, Anda juga dapat menggunakan bata expose yang berwarna putih untuk hunian Anda demi menciptakan kesan bersih dan natural. Sebuah ide lagi untuk membuat tampilan artistik rumah semakin menonjol adalah dengan mengisi interior rumah menggunakan perabotan yang serasi dengan konsep alami rumah Anda. Contohnya adalah meletakkan mebel tempo dulu pada ruangan-ruangan tertentu (tak perlu seluruhnya) dengan dinding bata merah atau putih expose.

Terakhir, Anda juga dapat mengaplikasikan dekorasi yang terbuat dari material alami pada rumah seperti unsur kayu, bambu, bebatuan, dan sebagainya pada dinding bata expose. Nah, semoga terinspirasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *