Bata Hias dan Expose

Jika Anda sudah bosan dengan hiasan taman dari semen atau dinding rumah yang mulus-mulus saja, cobalah berkreasi dengan bata hias dan expose. Bata expose, terutama, merupakan tren klasik pembangunan rumah yang dipopulerkan lagi di jaman modern. Selain irit, hiasan taman atau dinding rumah menggunakan bata expose menonjolkan kesan klasik seperti jaman dulu, dan natural seperti di rumah pedesaan.

Bata Expose untuk Bata Hias

Bata expose cocok untuk bata hias karena permukaannya lebih mulus dan halus dibandingkan bata biasa, sehingga tidak akan berkesan sebagai bangunan yang belum selesai. Bahkan, ada bata expose yang dibuat dalam bentuk khusus, misalnya berongga di depan atau dibentuk tipis mirip genteng, diberi tekstur agak kasar, dan ada juga yang bisa dipahat membentuk ukiran seperti bata expose Bali.

Kilauan dan bentuk yang rapi pada bata expose karena dalam pembuatannya bata ini dicampur banyak lumpur, dipres, diolesi sedikit solar lalu dibakar dengan kayu bakar. Ada bata yang pembuatannya sangat halus dan rapi, ada juga yang masih punya kesan sedikit kasar (biasanya yang dibuat pengrajin dengan hanya menggunakan tangan). Tetapi saat ini justru banyak orang yang senang menggunakan bata expose buatan pengrajin karena kesan alaminya. Bata expose bisa dibeli satuan atau borongan, karena penggunaannya tidak selamanya untuk membangun rumah dari awal. Anda bisa membeli tergantung kebutuhan.

Ide Penggunaan Bata Expose untuk Bata Hias

Bata expose bisa murni dijadikan dekorasi. Misalnya, dinding bata expose yang bagian depannya sengaja dilubangi lalu di sela-selanya diberi tanaman rambat dan pot gantung. Ada pula bata expose yang dijadikan aksen (bukan menutupi seluruh dinding) di dalam rumah. Biasanya, satu sisi dinding diberi bata expose untuk memberi kesan ada banyak tekstur dan membuat rumah menjadi berbeda. Bata expose juga sering dijadikan pilar hias di dalam rumah atau tempat umum seperti restoran, dan pilar ini diberi aksen seperti lampu, gambar, foto, pot bunga dan sebagainya. Kesannya sederhana tetapi unik.

Speak Your Mind

*