Beragam Jenis Pelapis Bata Expose

Bata expose merupakan ide yang bagus jika Anda ingin membangun rumah yang berkesan lebih natural, sedikit antik dan berseni. Dengan pelapis bata expose juga membuat Anda bisa lebih berhemat baik dalam membangun maupun pemeliharaan. Ketika membangun rumah berdinding bata expose, Anda tidak perlu membuang uang untuk semen dan cat. Ketika rumah sudah jadi, Anda tidak perlu mengecat ulang atau semacamnya.

Alasan penghematan juga menjadi penyebab populernya rumah dengan batu bata ekspos di akhir abad ke-20. Tetapi, selain itu, batu bata expose juga digemari karena tampilan indahnya. Tetapi tentu saja, seperti semua material pembangunan rumah lain, bata expose juga membutuhkan ‘bantuan’ agar awet.

Jenis Pelapis Bata Expose

Anda tentu bertanya-tanya apakah bata expose memiliki ‘kemampuan’ untuk bertahan dari serangan jamur dan lumut. Jawabannya: tentu saja tidak, kecuali jika dinding batanya diberi pelapis. Bahan pelapis bata expose khusus ini berguna untuk melindungi penampilannya serta melindunginya dari pertumbuhan jamur dan lumut, tetapi tidak menutupi keindahan asli batanya.

Anda bisa menggunakan pelapis (coating) yang disediakan khusus untuk melapisi batu alam. Bahan pelapis ini dibuat transparan sehingga tidak akan menutupi keindahan alami dari si batu atau bata expose tersebut. Pelapisan dilakukan setelah rumah dibangun, serta sekali setiap beberapa tahun. Gunanya, selain menyetop pertumbuhan jamur dan lumut, juga untuk menghindar bata tergerus panas, debu dan hujan. Jenis pelapis bata expose yang disediakan ada dua macam; ada pelapis yang biasa, yang tetap memberi kesan natural yang disebut clear doff coating. Ada juga yang memberikan kesan agak berkilap sehingga kesannya lebih menyolok, yang disebut clear gloss coating. Apapun jenis pelapis yang Anda pilih, gunanya tetap sama yaitu melindungi permukaan si bata expose tanpa menutupi keindahan alaminya.

Anda bisa menemukan bahan pelapis bata expose ini di berbagai toko bahan bangunan, atau langsung menanyakannya kepada si penjual bata expose. Jika tokonya cukup lengkap, Anda biasanya juga bisa sekalian membeli bahan pelapis. Pilihlah yang memberikan hasil akhir yang sesuai dengan tujuan akhir desain Anda.

Speak Your Mind

*