Cantiknya Pagar Bata Expose

Batu bata expose bukan hanya cocok untuk membangun rumah atau menghias bagian dalam sebuah bangunan. Saat ini, banyak orang kembali ke tren klasik membangun pagar bata expose, bukannya semen atau bata biasa yang kemudian dicat. Pembuatan pagar yang menonjolkan batu batanya sebenarnya bukan ide baru dan sudah sering dilakukan sejak jaman dulu, namun tren tersebut saat ini sedang populer kembali.

Pemanfaatan Bata Expose untuk Pagar

Ada berbagai macam cara pemanfaatan bata expose untuk membuat pagar. Ada yang menjadikannya sebagai aksen untuk pagar semen biasa, ada yang menjadikannya ‘dasar’ untuk pagar besi bentuk jeruji sehingga memberikan kesan seperti rumah di kota-kota kecil di Inggris, ada juga yang terang-terangan membuat dari 100 persen pagar bata expose. Ada yang menggunakan bata expose yang potongannya halus, namun ada juga yang sengaja membuat pagar dari bata yang potongannya kasar.

Bata expose yang terbaik untuk bahan pagar tentunya yang berwarna merah agar lebih mengundang, walau ada juga bangunan publik yang menggunakan bata expose putih atau hitam, tetapi hal ini biasanya dilakukan karena memperhitungan pilihan yang lebih murah karena segi estetis memang tidak begitu diperhitungkan, jika dilihat dari segi manfaat bangunannya, misalnya.

Padu Padan Pagar Bata Expose

Seperti yang sudah disebutkan, pagar bata expose bisa juga hanya berfungsi sebagai dasar untuk pagar lain di bagian atas, misalnya pagar berjeruji dengan ujung berukir. Pagar bata expose juga bisa berfungsi sebagai pilar pemisah untuk pagar beton atau semen; ini biasanya dilakukan untuk memotong biaya karena bata expose jauh lebih mahal harganya daripada bata biasa.

Pagar bata expose juga sering disandingkan dengan pagar hidup seperti semak-semak dan pepohonan rendah. Ada juga orang yang sengaja menanam bunga-bunga di bagian bawah pilar atau dinding pagar expose agar kesannya lebih asri dan natural, seperti di rumah pinggiran kota atau pedesaan. Dengan pagar bata expose, Anda bisa memberikan kesan berbeda pada pekarangan Anda, baik itu pagar yang seluruhnya terbuat dari bata expose atau sebagian saja.

Speak Your Mind

*