Coating Bata Ekspos Biar Lebih Tahan Lama

Bata expose sama seperti lapisan batu alami; orang memilih membangun rumah dengan bahan tersebut justru karena ingin menonjolkan penampilan alaminya, bukan mau menutupinya. Karena itu, tidak mengherankan jika bata ekspos dibiarkan saja tanpa dicat atau dilapisi semen. Penampilannya yang ramai namun alami itu justru menjadi ciri khas dan keunikan bangunan dari bata ekspos. Namun ada beberapa orang yang melakukan coating bata ekspos,  agar bata exposenya bisa lebih awaet dan tahan lama.

Akan tetapi, sama seperti batu alami lainnya, bata ekspos juga membutuhkan perlindungan agar permukaannya tetap mulus dan ‘sehat’ tanpa jamur dan lumut. Perlindungan yang dimaksud tentu bukan cat dan semen, melainkan cairan pelapis alias coating bata ekspos. Karena tujuan Anda adalah memamerkan lapisan batanya, coating yang digunakan adalah yang tembus pandang (clear coating).

Kandungan dan Fungsi Clear Coating untuk Bata Ekspos

Clear coating yang baik memiliki bahan dasar air agar tidak merusak permukaan dan mudah menempel. Coating bata ekspos dapat diperoleh dalam bentuk kalengan di toko bahan bangunan. Sedangkan untuk fungsinya, clear coating khusus untuk bata ekspos memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Melindungi bata ekspos agar tidak cepat terserang jamur dan lumut, terutama di tengah hawa lembab serta hujan dan sinar mentari.
  • Menolak air sehingga melindungi bata ekspos agar tidak terpapar air hujan dan membuatnya tetap awet sampai bertahun-tahun lamanya.
  • Melindungi tembok dari serangan debu; mekanismenya adalah menolak debu sehingga lapisan di dindingnya menjadi lebih mudah dibersihkan.
  • Melindungi bata ekspos dari goresan yang kurang enak dilihat.

Cara mengoleskan coating ini mudah saja yaitu sama seperti cat biasa, cukup dengan kuas dan Anda sudah bisa melapisi serta melindungi seluruh bagian tembok bata ekspos. Sebaiknya, untuk amannya, carilah coating bata ekspos yang memiliki kualitas seperti anti bau dan anti bakteri agar Anda merasa lebih nyaman duduk di dalam rumah sembari menikmati keindahan bata expose.

Dengan lapisan cairan coating bata ekspos yang sempurna, dinding bata ekspos dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya, walaupun dinding tersebut mungkin diterpa angin, debu, panas dan hujan.

Speak Your Mind

*