Dinding Batu Bata Tanpa Plester

Sebagaimana mode di dunia fashion yang selalu berputar, demikian pula trend yang terjadi di dunia arsitektur. Dinding batu bata tanpa plester sekarang semakin digemari karena menampilkan kesan elegan dan klasik bagaikan rumah-rumah tempo dulu. Selain itu, dinding yang dibiarkan tanpa diplester dan dicat ini juga membuat rumah terlihat alami sesuai dengan motto back to nature alias kembali ke alam. Beberapa orang memilih menggunakan batu bata tanpa plester ini untuk membangun keseluruhan dinding rumah, tetapi ada pula yang memilih ruangan-ruangan tertentu saja yang dibangun dengan bata tanpa plester atau yang dikenal juga dengan sebutan bata merah ekspos ini.

Lebih ekonomis

Harga beli sebuah batu bata ekspos memang lebih mahal daripada bata merah biasa, tetapi jika dilihat dari seluruh proses, pembangunan dinding batu bata tanpa plester akan lebih hemat daripada batu bata biasa. Betapa tidak, untuk pembuatan dinding dengan batu merah biasa, setelah bata dipasang, Anda masih harus melanjutkan dengan proses berikutnya yaitu, memoles dengan plester, plamir, melakukan pengecatan dengan warna dasar, dan melakukan pengecatan dengan warna yang dikehendaki. Tetapi bila menggunakan batu bata ekspos, setelah Anda menyusun batu bata seperti biasa, Anda tinggal melapisinya dengan cat anti air setelah bata mengering, tentu ongkos kerja yang dibutuhkan akan lebih sedikit daripada pemasangan batu bata biasa, bukan?

Menampilkan detail pada dinding batu bata tanpa plester

Untuk membuat dinding batu bata ekspos Anda lebih menarik, Anda bisa memoleskan cat tembok pelapis untuk menonjolkan bentuk dan tekstur batu bata, sekaligus mempertajam warna alami batu bata tersebut. Cara menyusun batu bata juga bisa Anda lakukan dengan pola tertentu sehingga terlihat semakin artistik walaupun tanpa mengurangi kesan alaminya. Memoles dinding bata ekspos dengan cat tembok juga bisa membuat detail batu bata pada dinding Anda menjadi lebih tampak. Jadi, jangan ragu untuk mengaplikasikan trend arsitektur dinding batu bata tanpa plester ini pada rumah tinggal Anda. Pasti seketika rumah Anda akan tampil berbeda dengan rumah-rumah lainnya yang masih menggunakan dinding biasa.

Speak Your Mind

*