Finishing Bata Expose Biar Dinging Lebih Awet

Rumah atau bangunan dengan dinding berupa batu bata expose dulu populer di tahun 1900-an, tetapi kini kepopulerannya telah meluas bahkan hingga ke pemilik rumah modern serta bangunan komersil. Batu bata expose merupakan bata yang dibuat dengan cara khusus sehingga berbeda dengan batu bata biasa. Jika bata biasa masih terlihat kasar sehingga harus dilapis dengan plester atau semen, maka finishing  bata expose terlihat sudah rapi dan bahkan berkilau sehingga tidak perlu dilapisi.

Batu bata expose terlihat mulus dan berkilau karena adonannya dicampur tanah liat, dipres dan dibakar dengan kayu. Akan tetapi, ada juga perusahaan yang bukan membuat batu batanya, melainkan ubin (tile) dari tanah liat yang tampilan luarnya mirip batu bata padahal bukan. Agar batu bata expose terlihat apik, proses finishingnya harus tepat dan rapi.

Berbagai Jenis Finishing Bata Expose

Karena tidak dilapisi oleh semen dan cat, batu bata expose yang dijadikan dinding di luar ruangan sangat mudah berlumut dan berjamur sehingga membuat penampilannya memburuk. Solusi untuk masalah yang umum terjadi ini adalah dengan melakukan finishing menggunakan semacam bahan pelapis (coating) yang tidak menutup keindahan bata tersebut namun bisa melindungi dari serangan jamur dan lumut.

Untuk lapisan semen (siar) dari finishing bata expose, biasanya digunakan semen yang bahannya halus dan tidak mengandung butiran besar agar tidak nampak terlalu menyolok ketika tembok bata expose sudah jadi. Tidak seperti dinding bata biasa yang lapisan semen perekatnya sangat tebal dengan butiran besar, dinding bata expose semennya lebih kelihatan halus dan tidak menyolok.

Banyak orang yang berusaha meningkatkan kesan alami dinding bata expose dengan cara mencampurkan semen perekat dengan sedikit batu bata yang diremukkan, sehingga ketika dioleskan untuk membuat perekat antar bata, hasilnya nampak tidak begitu menyolok. Cara yang sedikit merepotkan ini juga cukup efektif dan sering diterapkan oleh orang yang memasang bata expose-nya sendiri (atau ubin expose). Dengan bermacam teknik finishing bata expose, dinding bata expose akan terlihat rapi, apik dan tetap terlindungi sepanjang tahun dari lumut dan jamu

Speak Your Mind

*