Layaknya trend pada bidang fashion  yang selalu berputar, dalam bidang arsitektur dan interior, kecenderungan untuk menerapkan teknik tertentu seperti yang di masa dahulu pernah diminati bisa saja terulang beberapa tahun atau decade kemudian. Yang termasuk dalam pengulangan trend ini adalah pengaplikasikan bata merah expose pada bangunan-bangunan modern, termasuk untuk hunian yang berkonsep minimalis dengan ukuran lahan yang terbatas.

Seperti yang kita ketahui, bata expose merah ini sejak dahulu digunakan sebagai pembentuk dinding untuk rumah-rumah di pedesaan Eropa serta Amerika dan sekarang marak kembali digunakan untuk bangunan-bangunan modern. Dengan mengaplikasikan bata expose ini Anda juga dapat menekan dana untuk pembangunan dinding karena tak perlu lagi melaksanakan tahapan berikutnya setelah pembangunan dinding yaitu pelapisan dengan plamir dan pengecatan. Jadi, semakin hemat, bukan?

Ini karena salah satu tujuan memasang bata expose adalah memperlihatkan bentuk dan struktur batu batanya. Dengan demikian tampilan rumah akan semakin unik untuk Anda yang menghendaki hunian dengan berkonsep klasik, alami, serta artistik tentunya. Tetapi selain demi mewujudkan konsep tersebut pada rumah Anda, bata merah expose juga mempunyai beberapa kelebihan bila dibandingkan jenis batu bata biasa. Simak ulasannya berikut ini.

Bata merah expose VS bata biasa

Demikian ini adalah keunggulan bata expose bila dibandingkan bata biasa sebagai referensi Anda.

Lebih hemat dana dan tenaga

Dibandingkan bata biasa, aplikasi bata expose akan  lebih menghemat dana serta tenaga. Ini karena Anda tak perlu membeli material untuk melakukan tahap berikutnya setelah pemasangan, yaitu plester dan pengecatan serta menyewa pekerja untuk pekerjaan tersebut. Bandingkan dengan pemasangan bata biasa yang membutuhkan tahapan-tahapan berikutnya setelah pemasangan agar menjadi dinding yang sempurna

Perawatan lebih mudah

Bata merah expose juga tak memerlukan perawatan khusus sebagaimana dinding bercat yang harus dijaga kebersihannya agar tetap mulus. Permasalahan ini sering terjadi pada keluarga dengan anak-anak atau balita yang senang sekali mencoret-coret dinding. Dengan demikian, selain praktis Anda juga tak perlu menghabiskan dana untuk biaya perawatan.

 

Tampilan rumah lebih unik

Rumah-rumah dengan dinding konvensional tak ubahnya seperti hunian atau gedung yang lain sehingga tak akan tampak terlalu menarik perhatian. Berbeda halnya dengan rumah yang menerapkan bata expose yang pasti akan tampak unik dan berbeda. Jenis bata yang demikian ini cocok sekali diterapkan bagi Anda yang menghendaki rumah dengan konsep alami, klasik, namun tetap elegan.

Selain beragam keunggulan tersebut, bata expose sayangnya juga masih mempunyai kelemahan yaitu gampang menyerap air dan debu sehingga menjadi tempat yang ideal untuk tumbuhnya jamur. Apalagi di suhu yang lembab sebagaimana tanah air kita dan pada bata expose yang dipasang di luar ruangan. Tetapi jangan berkecil hati karena ada solusi untuk masalah ini, yaitu Anda harus melapisi dinding bata expose dengan cairan khusus yang dapat melindungi dinding.

Lalu kelemahan bata expose lainnya adalah harganya yang lebih mahal bila dibandingkan batu bata konvensional, yang bisa mencapai hingga 5 kali lipatnya, walaupun Anda juga bisa berhemat karena tak perlu melakukan pelapisan kedua serta pengecatan. Tampilan bata expose memang lebih artistik, presisi, dan rapi sehingga tampak indah di rumah Anda, tentu tak mengherankan bila harganya dibandrol lebih mahal dibanding batu bata biasa karena proses produksinya lebih rumit.

Untuk mendapatkan inspirasi desain rumah dengan penerapan bata merah expose Anda bisa browsing di internet. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *