Inspirasi Penerapan Bata Expose Architecture Untuk Rumah Modern

Selama beberapa tahun terakhir ini penerapan bata expose architecture pada hunian-hunian modern semakin banyak disukai. Jadi artinya Anda dapat melihat struktur, corak, dan warna bata tersebut pada dinding rumah karena dibiarkan begitu saja tanpa dilapisi adonan semen, plamir, aci, bahkan tanpa dicat. Tampilan bata expose demikian ini akan memberikan nuansa yang berbeda pada rumah menjadi lebih hangat, unik, serta homey. Tak hanya untuk hunian konvensional saja, bata expose juga cocok diterapkan untuk bangunan dengan gaya desain kontemporer, industrial, serta elektik.

bata expose architecture

Aplikasi bata expose architecture pada bagunan

Sebagai inspirasi Anda inilah penerapan bata expose architecture pada bangunan dan rumah.

Bata expose untuk ruang keluarga

Inilah ruangan di dalam rumah yang paling sering digunakan oleh semua anggota keluarga berkumpul bersama. Inilah sebabnya banyak orang merancang ruangan ini dengan nuansa homey agar penghuni merasa betah. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan bata expose sebagai aksen pada satu sisi dinding saja atau pada keseluruhan dinding. Anda dapat memilih warna sesuai keinginan misalnya disinkronkan dengan warna keseluruhan interior ruangan keluarga tersebut, misalnya warna natural, putih, bahkan hitam.

Bata expose untuk dinding backsplash dapur

Yang dimaksud dinding backsplash adalah dinding yang berada di antara lemari cabinet di atas dapur serta meja. Tak hanya fungsional, dinding backsplash adalah elemen yang dapat memberikan unsur artistik pada ruangan tersebut. Pilihlah bata expose yang menunjang keseluruhan konsep hunian, misalnya bangunan industrial, klasik, atau alami. Selain itu penerapan bata expose pada sisi lain dinding dapur atau ruang makan juga bisa dipertimbangkan. Hanya saja jangan lupa untuk melakukan perawatan secara teratur agar tak terlihat kusam karena usia.

Bata expose untuk kamar tidur

Anda akan menghabiskan sepertiga hidup Anda di ruangan ini sehingga idealnya kamar tidur didesain sebaik mungkin agar dapat menjadi tempat istirahat yang nyaman. Penggunaan bata expose architecture bisa menjadi alternatif terbaik untuk membuat kamar Anda terlihat artistik. Bata expose dapat dipasang sebagai dinding tunggal atau dengan meletakkan tempat tidur pada bagian depan dinding sebagai aksen dari kepala tempat tidur. Tambahkan aksen-aksen yang sesuai konsep kamar, misalnya poster favorit, lukisan, foto-foto yang telah dibingkai, atau dekorasi yang memiliki unsur seni.

bata expose architecture

Bata expose untuk keseluruhan dinding rumah

Bila Anda memang sangat menyukai dinding bata expose jangan ragu-ragu untuk mengaplikasikannya pada seluruh dinding rumah. Tujuannya adalah untuk menciptakan suasana natural sekaligus homey pada hunian Anda. Untuk semakin menonjolkan kesan natural Anda bisa mengombinasikan bata merah dengan interior rumah yang didominasi material kayu.

Bata expose sebagai dinding ventilasi atau roster

Memasuki musim kemarau tentu cuaca panas seringkali menjadi masalah untuk banyak orang sehingga kurang nyaman dalam beraktivitas. Untuk itu Anda bisa mengaplikasikan dinding ventilasi atau rooster untuk membuat suasana rumah lebih sejuk secara alami. Untuk membuat rooster material yang umum digunakan adalah tanah liat cetak sehingga Anda juga dapat mengaplikasikan bata expose architecture yang disusun renggang untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Jadi selain menjadi unsur yang menambah kecantikan rumah, pembuatan rooster juga berfungsi untuk membuat fasade rumah menjadi semakin menarik tanpa perlu menambahkan jendela.

Ada dua prinsip dalam pemasangan bata expose architecture yang perlu diketahui yaitu full face atau half face sesuai selera masing-masing. Aplikasi full face artinya menerapkan bata expose pada seluruh dinding rumah, sementara half face adalah memplester hanya sebagian dinding rumah dan lainnya dibiarkan tanpa plester.

Semoga bermanfaat.

Koja
Koja Utara
Koja Selatan
Rawa Badak Utara
Rawa Badak Selatan
Tugu Utara
Tugu Selatan
Lagoa

Kelapa Gading
Kelapa Gading Barat
Kelapa Gading Timur
Pegangsaan Dua

Tanjung Priok
Kebon Bawang
Sungai Bambu
Papanggo
Warakas
Sunter Agung
Sunter Jaya

Pademangan
Pademangan Timur
Pademangan Barat
Ancol

Penjaringan
Penjaringan
Pluit
Pejagalan
Kapuk Muara
Kamal Muara

Cilincing
Kali Baru
Cilincing
Semper Barat
Semper Timur
Sukapura
Rorotan
Marunda

Speak Your Mind

*