Jenis dan Macam Bata Expose

Bata Expose adalah batu bata yang dalam proses pembuatannya memiliki prosedur ekstra selain pencampuran, penjemuran dan pembakaran, yaitu pengepresan. Dengan dipres, batu bata akan memiliki tampilan unik yang lebih halus, berkilau dan cocok untuk dijadikan dinding rumah atau bangunan bahkantanpa dilapis. Macam Bata Expose sering terlihat pada rumah-rumah lama, rumah jaman kolonial, galeri seni, rumah bergaya kontemporer, restoran atau kafe dan sebagainya.

Bata expose yang biasa kita lihat umumnya berwarna merah seperti bata biasa, namun ada juga bata expose berwarna putih dan hitam atau kelabu. Akan tetapi, perbedaan pada macam-macam bata expose ternyata bukan hanya berdasar pada warnanya saja. Jika Anda hendak memesan bata expose, ada baiknya mengenal beberapa macam bata expose berdasarkan spesifikasi pilihannya.

Jenis Bata Expose Berdasarkan Ukuran

Ukuran bata expose bisa bermacam-macam, dan Anda akan mendapat pilihan ukuran tersebut saat datang ke toko yang menjual batu bata expose. Akan tetapi, ada baiknya Anda tahu sedikit tentang ukuran standar bata yang dijual. Ada yang berukuran sedang atau biasa yaitu 19 x 10 x 4 sentimeter, dan ada yang agak besar yaitu 20 x 10 x 5 sentimeter atau 20 x 5 x 2 sentimeter. Yang terbesar bisa berukuran 25 x 12 x 6 sentimeter hingga 29 x 29 x 3 sentimeter. Semua ini adalah ukuran yang kurang lebih standar, jadi tiap toko mungkin berbeda. Anda pun bisa meminta pemesanan batu bata expose ukuran khusus sesuai kebutuhan.

Jenis Bata Expose Berdasarkan Tampilan

Macam bata expose bukan melulu menonjolkan warna, namun juga penampilan dan gaya. Selain bata expose biasanya yang halus, ada juga yang disebut bata expose ‘Belanda’ atau ‘jadul’ karena tampilannya dibuat dengan mengesankan bata pada bangunan antik untuk memberi kesan berbeda. Ada juga yang disebut bata tempel, yaitu bata expose yang dimensi ketebalannya sangat tipis sehingga pemasangannya dengan cara ditempelkan. Ada juga bata yang pembuatannya sengaja dibiarkan sedikit kasar untuk memberi tekstur unik.

Speak Your Mind

*