Karakter Bata Expose dan Tips Memilih Bata Yang Sesuai

Untuk menghasilkan tampilan rumah sesuai dengan dambaan, Anda tidak mesti mengalokasikan dana besar untuk renovasi rumah secara total. Salah satu strategi jitu adalah dengan pemasangan bata expose. Anda bisa mengaplikasikan bata ini pada seluruh bagian atau bagian-bagian tertentu yang diinginkan, misalnya hanya di ruangan tertentu yang diinginkan.

Batu bata ini cocok diaplikasikan pada rumah dengan style apapun, bukan hanya hunian dengan style tradisional, namun juga hunian modern, karena batajuga berfungsi sebagai elemen dekoratif, dan menghasilkan karakter yang berbeda-beda.

Karakter yang dipancarkan bata expose

Keindahan dan keunikan dari bata expose terletak pada susunan dan tampilannya yang tidak tertutup plesteran. Di sinilah letak nilai estetis yang dihadirkan. Ada beberapa karakter yang ditampilkan oleh batu bata ini:

  • Artistik; karakter pertama tentunya nilai seni yang dihasilkan, karena tujuan memajang batu bata ini secara alami memang untuk menambah nilai seni bagian-bagian rumah di mana bata ini diaplikasikan. Disusun secara selang-seling, tegak, atau mendatar saja batu bata ini sudah terlihat indah, apalagi jika disusun membentuk formasi tertentu.
  • Hangat; bata merah expose menghadirkan warna jingga alami. Warna ini identik dengan nuasa hangat, sama halnya dengan warna merah atau kuning, namun tidak sekuat merah atau selemah warna kuning. Warna jingga adalah simbol optimisme dan energi, sehingga cocok digunakan oleh keluarga muda karena menghadirkan semangat muda dan kreatif. Bayangkan jika seluruh ruangan didominasi oleh warna putih saja, maka akan terkesan hambar, bukan? Nah, warna jingga akan menjadi penetralisir dan menghangatkan suasana.
  • Eksotis dan alami; bata terbuat dari tanah liat yang diperoses melalui pembakaran. Tentunya, ketika bata dilapisi plesteran, maka kealamiannya akan ikut tertutupi. Di rumah modern yang didominasi struktur dan komponen canggih, bata expose akan menjadi penetralisir, yang membuat rumah terkesan lebih eksotis.
  • Unik; batu bata memiliki tekstur yang berbeda-beda, dan setiap teksturnya menghadirkan kesan unik. Bahkan, tekstur inilah yang membuatnya berbeda.

Memilih bata expose yang sesuai

Kualitas yang tinggi pada bata expose mampu menghasilkan tatanan yang apik, baik di dalam maupun di luar ruangan. Beberapa tips berikut mungkin bermanfaat bagi anda:

  • Untuk pemasangan, gunakan semen yang berkualitas tinggi, agar hasil akhirnya lebih kokoh
  • Anda bebas berkresi atau menciptakan inovasi berupa pola pemasangan yang menarik. Gunakan waterpass untuk mengukur ketinggiannya.
  • Jika anda belum perngalaman memasang bata sendiri, sebaiknya gunakan jasa tukang atau kontraktor berpengalaman
  • Terkadang penggunaan bata expose yang rata di seluruh ruangan akan menyulitkan pemasangan jaringan kabel. Jadi, pelajari lebih lanjut tentang semua detil pemasangan dan komponen yang akan dipengaruhi di dalam rumah.

Ada begitu banyak jenis bata merah ekspos, misalnya adalah bata berongga, bata bertekstur, bata tempel, atau bata halus; masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Jadi, sebaiknya pelajari kelebihan dan aplikasi masing-masingnya, sehingga anda dapat memilih bata yang sesuai peruntukannya.

 

Speak Your Mind

*