Kemolekkan Bangunan Bata Expose

Jika Anda melihat bangunan yang dindingnya hanya terdiri dari batu bata tanpa pelapis apapun, Anda biasanya langsung menganggap bahwa bangunan tersebut belum selesai atau masih direnovasi. Akan tetapi, sekarang Anda bisa menemukan bangunan bata expose dengan dinding luar yang hanya berupa bata namun tetap terlihat rapi dan mulus sehingga nampak sama indahnya dengan dinding bata yang dilapisi cat atau plester.

Keindahan dinding bata tersebut adalah hasil dari penggunaan batu bata expose, bata yang campurannya menggunakan sedikit tanah liat selain lumpur dan hasilnya dipres, dijemur kemudian dibakar. Hasilnya adalah batu bata yang lebih terlihat rapi, mulus, halus dan bahkan sedikit berkilau dibandingkan batu bata biasa yang kesannya masih kasar.

Jenis Bangunan Menggunakan Bata Expose

Banyak rumah bergaya klasik atau colonial menggunakan bata expose untuk menonjolkan kesan klasiknya. Selain itu, pemilik rumah gaya kontemporer juga senang menggunakan bata expose dan memadukannya dengan perabot atau hiasan rumah berkesan natural agar memunculkan kesan alami sekaligus modern. Batu bata expose juga sering digunakan untuk membangun rumah peristirahatan di luar kota karena selain kesannya lebih alami, bangunan bata expose membuat suasana bagian dalam rumah menjadi lebih sejuk; hal ini karena sirkulasi udara tak terhalang oleh lapisan cat dan semen atau plester. Batu bata expose bisa digunakan sebagai material untuk seluruh bangunan rumah atau hanya di beberapa bagian saja (dinding bata expose).

Bangunan Komersial dengan Batu Bata Expose

Tren batu bata expose juga merambah sampai ke bangunan komersial. Sekarang, banyak tempat umum seperti restoran, galeri seni, kafe, bahkan perkantoran yang membangun dengan menggunakan batu bata expose. Selain alasan yang sudah disebutkan di atas, batu bata expose akan membantu menghemat anggaran pemeliharaan bangunan karena tidak perlu dicat dan dilapis plester lagi.

Batu bata expose juga akan menambah daya tarik sebuah bangunan, terutama yang tipenya adalah tempat mampir berlama-lama seperti kafe, restoran dan museum. Selain lebih sejuk dan berkesan natural, bangunan bata expose memiliki daya tarik komersial yang tinggi.

Speak Your Mind

*