Kreasi Dinding Rumah Artistik dengan Bata Expose

Dinding rumah bisa dibikin menarik, cantik dan unik tanpa harus memasang aksesoris mahal seperti pajangan senilai jutaan rupiah. Dengan memasang bata expose, dinding rumah anda akan berkesan natural dengan nuansa yang menyatu dengan alam. Selain itu, cara praktis ini dipilih untuk mengekspos dinding dengan tampilan baru.

Bata jenis ini adalah tren dalam desain hunian modern, untuk mendukung konsep hunian asri. Tidak hanya memiliki kesan alami, rumah dengan dinding dari bata ini juga nampak sangat artistik, karena tersedia banyak pola yang sangat unik sehingga mampu mempertajam kesan artistik pada dinding rumah.

Kelebihan Penggunaan Bata Expose

Yu Sing, seorang arsitektur handal dari Akanoma menyebutkan bahwa penggunaan bata expose untuk dinding rumah memiliki banyak keunggulan. Diantaranya:

  • Menghemat material dan biaya yang dikeluarkan untuk memplester dinding rumah.
  • Menghemat biaya perawatan. Bata ini tidak perlu dijaga karena teksturnya tidak semulus dinding yang diberi cat tembok, dan bahkan tidak bisa dicoret.
  • Membuat suasana rumah kian artistik sehingga meningkatkan kenyamanan penghuninya.
  • Pola pemasangan bata ini bisa disesuaikan dengan desain yang sesuai keinginan.

Meski tidak membutuhkan banyak perawatan, anda tetap harus melakukan beberapa langkah agar dinding rumah anda terlihat tetap bersih dan rapi. Untuk menghindari debu dan mencegah perkembangbiakan jamur, oleskan lapisan coating yang ramah lingkungan. Bersihkan secara berkala dan lapisi kembali dengan pelapis anti air. Coating yang digunakan sama dengan yang dipakai saat melapisi batu alam.

Ide dinding artistik dengan bata expose

Namun, untuk menambah nilai seninya, anda bisa memilih jenis batu batas expose khusus yang digunakan untuk menghadirkan suasana etnik maupun ekositis di dalam ruangan. Berikut adalah dua alternatif batu bata untuk dinding artistik di dalam rumah.

  • Batu bata halus berongga, ditandai dengan model seperti hollow brick. Batu bata ini digunakan khusus untuk expose. Rongga di tengahnya berfungsi untuk memperkuat sambungan antar bata dan untuk meredam hawa panas di dalam ruangan. Karena batu ini didesain dengan permukaan yang licin, bukankah lebih baik dipajang apa adanya daripada ditutup dengan plester. Batu bata berongga ini cocok digunakan untuk partisi.
  • Batu bata bertekstur. Bata expose ini cocok digunakan sebagai elemen dekoratif untuk dinding luar rumah, seperti dinding depan atau bagian lainnya yang tidak terkena air hujan. Tekstur yang dihasilkan terlihat seperti relief, jadi anda tidak memerlukan relief khusus, karena garis-garis atau guratan-guratan yang dimilikinya sangat unik.

Hasil akhir dari kreasi dinding yang anda hasilkan dengan penggunaan batu bata ini tetap saja dipengaruhi oleh susunannya. Sebenarnya, tidak ada aturan baku untuk menyusunnya; semuanya tergantung kreativitas dan hasil akhir yang anda inginkan. Setiap susunan akan menghasilkan karakter yang berbeda. Misalnya, anda bisa menyusunnya secara berselang-seling setiap barisnya atau setiap kolomnya.

Speak Your Mind

*