Memunculkan Karakter Rumah Dengan Pola Bata Ekspos Unik

Setiap orang tentu ingin membangun rumah yang akan menjadi istananya sehingga jika memungkinkan seluruh rumah dibangun sesuai dengan keinginan si empunya. Sebagaimana trend di dunia fashion, dalam dunia bangunan pun trend mengalami pengulangan sebagaimana penggunaan batu bata ekspos sebagai pengisi dinding yang kini sedang diminati untuk bangunan modern. Yang menjadi daya tarik dalam pemilihan material ini adalah pola bata ekspos yang unik sehingga memperkuat karakter yang ingin dimunculkan oleh pemilik rumah.

Ramah lingkungan

Karena kampanye, himbauan, dan penyuluhan yang dilakukan terus-menerus oleh pemerintah dan para relawan lingkungan, saat ini sudah semakin banyak orang yang menerapkan pola hidup berwawasan lingkungan yang hemat energi. Pola hidup ramah lingkungan ini juga dapat dilakukan dalam kegiatan pembangunan rumah yaitu dengan memilih bata ekspos sebagai material pengisi dinding rumah Anda. Kelebihan bata ekspos adalah, Anda akan lebih menghemat biaya pembangunan karena tidak perlu melakukan pelapisan ulang dengan plester  setelah dinding dibangun termasuk pengecatan. Untuk menghindari jamur yang merupakan masalah klasik pada dinding bata, Anda hanya perlu mengoleskan lapisan coating yang lagi-lagi ramah lingkungan karena berbahan dasar air.

Rumah minimalis alami

Bila Anda tinggal di kota besar yang tidak memungkinkan untuk membangun rumah yang besar karena tingginya harga tanah dan material, maka rumah minimalis yang Anda bangun akan terlihat unik, alami, dan berkarakter dengan pemilihan bata ekspos. Pola bata ekspos yang diatur sedemikian rupa sesuai selera sudah menjadi hiasan tersendiri bagi interior Anda tanpa tambahan hiasan lain yang terlalu ramai karena keterbatasan ruangan. Walaupun ruangan di rumah Anda minim hiasan, tetapi dengan tekstur dindingnya yang eksotis, Anda tetap dapat menyalurkan kreatifitas untuk mendesign rumah secara sederhana dan ringkas. Selain itu bata ekspos juga akan menimbulkan kesan “kembali ke alam” karena rumah Anda akan terlihat seperti rumah-rumah klasik di pedesaan. Dengan tambahan beberapa pot berisi tanaman hias, rumah Anda pasti akan terlihat lain daripada yang lain. Stres yang kita alami seharian di kantor tentu akan hilang seketika jika sudah tiba di rumah untuk beristirahat.

Pola bata ekspos

Berbeda dengan bata merah, bata ekspos mempunyai warna yang seragam, lebih halus, dan rapi bentuknya. Warna dasar bata ini memang merah tetapi Anda dapat memilih 7 gradasi warna dari yang muda hingga tua yang telah tersedia di pasaran. Bata ekspos juga ada yang dibuat sebagai bata hias dan Anda dapat memilih pola bata ekspos ini sesuai selera misalnya berbentuk tipis, bata berongga, dipahat ala ukiran Bali, hingga sengaja didesign dengan tekstur kasar. Agar tampilan dinding Anda lebih menarik, Anda dapat memasang bata ekspos dengan pola tertentu yang lain dari cara biasa yang hanya horisontal, melainkan vertikal dan diagonal. Anda juga bisa menggunakan pola kombinasi dalam pemasangan sesuai selera dan jiwa seni Anda, misalnya vertikal dan horisontal, atau sebaliknya, atau menggunakan 3 pola tersebut sekaligus.

Speak Your Mind

*