Nilai Seni Tinggi dengan Dinding Bata Expose

Pernahkah Anda melihat rumah yang dinding bangunannya terdiri dari batu bata saja tanpa lapisan? Dinding semacam itu disebut dinding bata expose; disebut demikian karena batu bata yang biasanya disembunyikan di balik cat dan semen malah ditunjukkan dengan tidak melapisinya. Akan tetapi, berbeda dengan bangunan yang memang belum selesai, bangunan dengan dinding bata expose justru terlihat sangat anggun dan klasik.

Awal Tren Dinding Bata Expose

Alasan mengapa bangunan dengan dinding bata expose terlihat klasik adalah karena tren ini sebenarnya sudah dimulai sejak akhir abad 20 atau tahun 1900-an. Saat itu, masyarakat di Amerika Serikat banyak membangun rumah dengan menggunakan dinding bata expose untuk menghemat biaya pembangunan dan pemeliharaan, karena mereka tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk semen, plester dan cat.

Seiring waktu, penggunaan dinding bata expose justru semakin populer. Selain karena hemat, dinding bata expose membuat ruangan di bagian dalam rumah menjadi lebih sejuk karena sirkulasi udara bebas bergerak di antara pori-pori batu bata. Dinding bata expose pun makin banyak diterapkan, bukan hanya ke rumah-rumah, melainkan juga bangunan kantor, perusahaan, sekolah, bangunan publik dan sebagainya.

Hingga kini, masih banyak bangunan lama di Amerika yang mempertahankan gaya desain dinding bata exposenya sehingga menjadi landmark yang menarik di suatu kota. Pemilik bangunan modern pun banyak yang tidak ragu menggunakan dinding bata expose untuk membangun atau memugar rumahnya agar memberikan kesan klasik, sejuk dan indah.

Tren dinding bata expose bahkan sekarang sudah berkembang hingga ke tahap dimana orang banyak yang memasang dinding bata expose di dalam ruangan, misalnya di ruang tamu atau apartemen mereka, sehingga dinding yang sudah berdiri dilapisi lagi dengan dinding bata untuk memberi kesan berbeda. Ini bisa dilakukan sendiri karena tinggal memasang batanya, tetapi akan lebih baik jika memanggil bantuan profesional agar hasilnya rapi.

Dengan dinding bata expose, bahkan yang tidak menutupi seluruh bagian rumah, Anda bisa membuat bangunan menjadi lebih berseni, bergaya dan lain dari yang lain.

Speak Your Mind

*