Pengaplikasian Bata Tempel Untuk Rumah Asri Pedesaan

Gaya hidup kembali ke alam dengan berpartisipasi pada pelestarian lingkungan kini semakin banyak diterapkan oleh masyarakat di tanah air. Kecenderungan ini juga berpengaruh pada bidang arsitektur dimana semakin banyak orang yang berminat memunculkan nuansa alam nan asri sebagaimana di pedesaan walaupun sesungguhnya hunian tersebut berada di kawasan perkotaan. Bila Anda pun tertarik, Anda bisa mempertimbangkan untuk menerapkan bata tempel atau bata hias pada dinding rumah. Jadi Anda tak perlu merobohkan dinding yang telah diaci dan dicat. Metode pemasangan bata hias atau tempel ini sebagaimana pada penggunaan batu alam dan keramik.

Jenis-jenis bata tempel
Di pasaran ada dua jenis bata tempel yang penting untuk diketahui, yaitu bata hias buatan dan asli. Sebenarnya walaupun sering disebut sebagai bata bata tetapi faktanya bata hias tempel ini dibuat dari semen dan pasir alih-alih dari tanah liat. Adonan semen dan pasir tersebut lalu dicetak dan dibiarkan selama sekitar 1 bulan hingga kering seluruhnya. Untuk membuat warnanya tetap awet dan tak mudah pudar pada campuran adonan pembuat bata hias harus ditambahkan bahan pewarna khusus.

Anda pasti tak bisa lagi membedakan bata hias buatan ini dengan yang asli bila proses pembuatannya sudah selesai karena akan tampilannya yang benar-benar sama. Dari segi warna, efek pembakaran, hingga tekstur bentuk keduanya benar-benar identik. Sementara untuk batu hias tempel yang asli benar-benar terbuat dari tanah liat. Anda bisa memilih yang mana yang paling sesuai untuk diaplikasikan pada hunian Anda.

Selama ini lebih banyak orang yang memilih penggunaan bata tempel hias dari beton karena mempunyai keunggulan tersendiri. Kelebihannya adalah hampir tak menyerap air karena tak mempunyai pori-pori. Dengan demikian bata hias tempel yang Anda pasang pada dinding akan lebih awet dari jamur serta lumut. Selain diaplikasikan pada dinding, Anda juga dapat memasang bata hias demikian pada multipleks serta gypsum.

Terakhir, untuk dinding dengan bata hias ini tak membutuhkan perawatan khusus. Jika mulai kusam terkena kotoran, untuk membersihkannya Anda hanya perlu mencucinya dengan air dan sabun.

Untuk membuat gaya alami pada hunian lebih menonjol Anda bisa menambahkan unsur penghias lainnya, seperti kolam kecil di dalam rumah jika memang tersedia lahan yang cukup luas. Selain itu Anda juga dapat mengaplikasikan air terjun buatan di dalam ruangan. Sebagai sentuhan alami, beberapa tanaman hias untuk ruangan dengan ukuran yang proporsional pasti akan sangat cocok.

Membuat tampilan bata tempel semakin artistik
Untuk semakin menonjolkan nuansa artistik pada hunian, Anda menempelkan bata hias tempel dengan pola sebagaimana yang dikehendaki. Sementara pada pemasangannya untuk membuat permukaan bata terlihat semakin rapi sebagaimana pemasangan bata gosok maka nat antar bata tak perlu diisi. Dengan demikian prosesnya akan semakin gampang karena faktanya bata expose tempel hanya menempel pada permukaan tembok.

Saat ini di pasaran tersedia bata hias dalam beragam tekstur, warna, dan corak yang bisa Anda pilih sesuai selera. Salah satu contohnya adalah jenis bata tempel terakota yang cocok diterapkan pada bidang dinding yang cukup luas. Tetapi bata demikian ini diproduksi dengan seragam dan sangat presisi sehingga akan mengurangi unsur kealamian.

Anda juga bisa menambahkan unsur tradisional selain alami dengan jendela berukir dengan corak-corak kuno atau mungkin beberapa perabotan tempo dulu yang antik. Nah, semoga informasi tentang bata tempel ini bisa membantu Anda.

Cengkareng
Kedaung Kali Angke
Kapuk
Cengkareng Barat
Cengkareng Timur
Rawa Buaya
Duri Kosambi

Grogol Petamburan
Tomang
Grogol
Jelambar
Jelambar Baru
Wijaya Kusuma
Tanjung Duren Utara
Tanjung Duren Selatan

Kalideres
Kamal
Tegal Alur
Pegadungan
Kalideres
Semanan

Kebon Jeruk
Duri Kepa
Kedoya Selatan
Kedoya Utara
Kebon Jeruk
Sukabumi Utara
Kelapa Dua
Sukabumi Selatan

Kembangan
Kembangan Selatan
Kembangan Utara
Meruya Utara
Srengseng
Joglo
Meruya Selatan

Palmerah
Slipi
Kota Bambu Utara
Jati Pulo
Palmerah
Kemanggisan
Kota Bambu Selatan

Taman Sari
Pinangsia
Glodok
Keagungan
Krukut
Taman Sari
Maphar
Tangki
Mangga Besar

Tambora
Tanah Sereal
Tambora
Roa Malaka
Pekojan
Jembatan Lima
Krendang
Duri Utara
Duri Selatan
Kalianyar
Jembatan Besi
Angke

Speak Your Mind

*