Pengertian Bata Ekspos

Jika Anda melihat bangunan yang nampaknya hanya terdiri dari batu bata saja, namun ketika didekati dan disentuh ternyata bata tersebut terasa lebih halus dari bata biasa, kemungkinan Anda baru saja berkenalan dengan bata ekspos. Sesuai namanya, batu bata ini dibuat dengan tujuan untuk diekspos penampilan alaminya (seperti batu alami) dan bukan untuk ditutupi dengan lapisan cat atau plester. Dengan demikian, tampilan bangunan tersebut akan nampak unik dan alami.

Batu bata expose sering juga disebut bata pres, karena memang ada proses pengepresan dalam pembuatannya. Proses inilah yang membuat bata expose memiliki karakteristik lebih unik dibandingkan dengan bata biasa. Harganya pun menjadi jauh lebih mahal.

Cara Pembuatan Bata Ekspos

Bata ekspos pembuatannya kurang lebih sama dengan bata biasa, tetapi bata expose lebih rumit dalam hal pembuatannya. Awalnya sama yaitu tanah liat dicampur lumpur, lalu dijadikan adonan dengan cara digiling dan dicetak. Setelah itu, adonan yang sudah dibentuk ini diberi olesan solar sebagai penghasil permukaan halus serta berkilat. Pada bata juga dibuat semacam lubang yang nantinya akan diisi perekat (semen) saat pembangunan.

Setelah dicetak dan diolesi solar inilah ada proses pengepresan, yang dilakukan sebelum batu dijemur sampai kering dan dibakar. Cara pembakaran akan menghasilkan warna yang berlainan; pembakaran dengan kayu akan menghasilkan warna merah, sementara pembakaran dengan jerami menghasilkan warna hitam atau putih.

Kualitas pencetakan dan pembakaran akan menentukan kualitas akhir dari bata ekspos. Bata expose berkualitas harus memiliki hasil cetakan yang simetris dan hasil pembakarannya pun harus benar-benar sampai kering. Jika tidak, bata expose akan pecah dan hancur ketika hujan deras tiba.

Cara Pemasangan

Bata ekspos yang sudah kering dan dijual ke konsumen kemudian dipasang dengan metode yang sama dengan jika Anda memasang bata biasa. Akan tetapi, lapisan semennya tidak bisa setebal dinding bata biasa atau hasilnya akan berantakan. Pemasangan pun harus memerhatikan ukuran dan aspek simetris dari batu bata tersebut. Saat selesai dibangun atau disusun, bata expose harus dilapis (coated) agar tahan lumut dan serangga.

Speak Your Mind

*