Rumah Unik dengan Bata Merah Ekspos

Bila Anda tengah mencari inspirasi hunian yang unik dan berbeda dengan rumah-rumah lainnya, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang bata merah ekspos pada beberapa bagian dinding rumah. Sebenarnya ini bukanlah trend yang benar-benar baru dalam dunia bangunan melainkan gaya klasik yang sudah ada sejak dulu dan dipopulerkan kembali. Rumah-rumah di luar negeri terutama di Eropa dan Amerika banyak menggunakan bata untuk dindingnya. Selain akan menimbulkan kesan klasik pada rumah, hunian juga akan terlihat seperti rumah-rumah di pedesaan tetapi dengan dinding yang lebih rapi.

Apa itu bata merah ekspos?

Bata merah ekspos pada prinsipnya sama seperti bata biasa yang dipergunakan untuk membangun dinding rumah, tetapi pada bata merah ini, setelah dinding terbentuk Anda tidak perlu lagi menutupnya dengan lapisan plester lalu kemudian mencatnya. Bentuk bata merah memang sengaja diperlihatkan lengkap dengan tekstur dan pori-porinya. Anda dapat menggunakan bata ini untuk membangun seluruh dinding rumah atau memilih beberapa bagian saja yang menggunakan bata merah tersebut sementara dinding lainnya tetap dinding biasa. Gradasi warnanya pun beragam dan bisa Anda pilih sesuai selera, yaitu anotolia, caledonia, macnolia, teracotta, eldorado, borneo, dan casablanca.

Go green dengan bata merah ekspos

Selain menampilkan kesan klasik dan natural pada rumah, penggunaan bata merah ekspos juga akan membuat rumah tampil lebih “back to nature” sesuai dengan trend bangunan masa kini yang “go green” alias berwawasan lingkungan. Rumah seperti ini sangat cocok jika Anda tinggal di tengah kota yang panas, sumpek, dan macet, sehingga saat tiba di rumah Anda dapat segera merasa rileks dan seolah sedang berada di tempat peristirahatan. Bukan hanya memberikan kesan ramah lingkungan, dalam pembangunan dinding dengan bahan batu bata ini Anda memang benar-benar mengaplikasikan gaya hidup sadar lingkungan karena pelapis yang digunakan untuk melindungi bata dari lumut dan jamur terbuat dari bahan dasar air. Pelapis yang digunakan untuk melapisi bata ini disebut dengan clear coating.

Perawatan dinding bata merah ekspos

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa, bata merah ekspos harus diberi pelapis untuk menghindarkan air terserap dalam  pori-pori bata yang dapat menyebabkan kekeroposan dalam batu bata dan timbulnya jamur. Setelah diberi pelapis Anda bisa menambahkan coating pada dinding. Agar lebih awet, Anda dapat mengulangi pemberian coating pada dinding batu bata setelah beberapa tahun. Untuk perawatan rutinnya, Anda dapat membersihkannya dengan air dan sabun sambil disikat.

Jadi tak perlu menunda lagi untuk membangun dinding rumah Anda dengan bata merah ekspos bukan? Walaupun harganya memang relatif lebih mahal daripada batu bata biasa tetapi Anda tetap dapat berhemat karena tidak membutuhkan proses finishing seperti pelapisan dengan plester dan pengecatan.

Speak Your Mind

*