Sentuhan Bata Ekspos untuk Mempercantik Interior Rumah

Rumah yang memiliki paduan nuansa klasik sekaligus modern akan tampil beda. Salah satunya caranya adalah menggunakan bata ekspos.Untuk mengekspos bata diperlukan keahlian khusus agar hasilnya rapi dan tidak patah. Tidak bisa dipungkiri bahwa komponen vital dalam pembangunan rumah adalah bata. Bata dibuat dengan berbagai karakteristik dan tidak semua tanah bagus untuk diolah menjadi bata. Jadi, batayang dipilih haruslah yang memiliki bahan material berkualitas.

Sentuhan Interior dengan bata ekspos

Bata merah ekspos tidak hanya berfungsi untuk membangun dinding rumah. Ada banyak kreasi yang bisa anda ciptakan untuk meningkatkan nilai estetika di dalam rumah. Berikut adalah beberapa kreasi yang bisa anda coba untuk desain indoor:

  • Sebagai pilar/tiang di dalam rumah
    Untuk ini, anda membutuhkan bata yang berukuran tebal dan lebih kuat, karena harus menopang struktur yang ada di sekitarnya. Pilih bata dengan campuran semen dan pasir sekitar 1:3 atau 1:5. Karena tidak akan diplester lagi, pilih bata yang permukaannya halus dan susun serapi mungkin. Anda bisa memvariasikan teknik pemasangan dimasukkan dan menonjol, sehingga menghadir tekstur tersendiri. Atau, jika dipasang dengan cara ditanam,  anda bisa mempercantik pilar tersebut dengan aksesoris seperti jam dinding atau foto.
  • Sebagai pelapis salah satu dinding di ruangan yang diinginkan dan akan menjadi fokus perhatian tamu. Anda bisa mengaplikasikannya di ruang tamu atau ruang keluarga
  • Dinding wastafel
    Kreasi ini cocok untuk wastafel bergaya minimalis; selain menampilkan kesan kontemporer, wastafel anda akan terlihat lebih unik. Namun, karena bata ekspos tersebut kemungkinan besar akan terpapar air, gunakan coating  atau pelapis khusus yang berkualitas baik, sehingga akan lebih tahan lama dan lebih rapi.

Mengapa harus menggunakan coating?

Tujuan penggunaan coating adalah agar warna bata tetap terlihat baru dan untuk menghalangi masuknya debu, kotoran, atau lumut ke dalam celah-celah bata. Perawatan ini dapat anda lakukan sekali setahun. Umumnya, untuk finishing, bata merah ekspos tidak membutuhkan cat. Sebab, bata ekspos memang didesain tanpa menggunakan menggunakan aci dan plester, sehingga karakternya yang kuat akan lebih menonjol.

Ada beberapa jenis coating yang tersedia di pasaran. Di antaranya adalah:

  • Cleargloss (memiliki efek basah, tampilan mengkilap), bentuknya seperti vernis
  • Clear doff (tampilan tidak mengkilat dan terlihat alami)
  • Cat. Namun, pilihan warna cat yang tidak tepat dapat menghilangkan karakter alami bata. Sebaiknya pilih warna yang senada, sehingga hasil akhirnya tidak menyimpang.

Di samping itu, perlu adanya sentuhan interior yang maksimal untuk menguatkan suasana. Pilihan ornamen atau furniture yang digunakan bisa berupa sofa, meja, kursi, hiasan dengan unsur etnik. Selain itu, foto dan pajangan ringan tetap bisa dipasang di dinding yang tersusun dari bata ekspos guna mempercantik suasana.

Speak Your Mind

*