Tips Memilih Bata Merah Expose Terbaik

Bata merah expose adalah suatu bahan bangunan yang digunakan untuk membangun rumah dengan tingkat kekuatan yang sangat baik. Dibentuk dengan proses yang cukup panjang menjadikan bata merah memiliki kualitas yang baik. Tapi apakah setiap bata merah memiliki kualitas yang baik ?

Bata merah untuk menjadi sebuah bata dengan tingkat kekuatan yang baik harus melalui proses cukup panjang,mulai dari proses penggalian tanah, pencetakan bata, penjemuran agar kering, pembakaran hingga pendinginan. Dalam pembuatannya diusahakan diperhatikan setiap detailnya agar baik, misalnya dalam proses pengeringan / penjemuran, bata harus benar – benar dijemur hingga kering agar tidak terjadi retak – retak ketika dibakar, tanah yang dipilih juga harus diperhatikan.

Beberapa masalah bata merah pada umumnya adalah ketika bata merah yang kita gunakan tidak matang. Ini menjadi masalah karena bata merah akan hancur ketika terkena air. Umumnya terjadi saat turun hujan,bata merah bisa menjadi tanah kembali. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mengetahui kualitas sebuah bata merah?

Sebenarnya cukup sederhana, pertama kita bisa lihat secara kasat mata. Bila bata merahnya berwarna orange agak gelap maka ada kemungkinan bata merahnya tidak matang. Namun ini tidak pasti,karena ada juga jenis bata yang tanahnya memang berwarna orange gelap.

Kedua kita bisa mencoba menyentil bata merahnya,bila bunyinya nyaring melengking maka bata tersebut bisa dianggap matang. Namun bila bata merahnya berbunyi agak tidak nyaring atau mendam maka bata tersebut kemungkinan kurang matang. Karena banyaknya cairan didalam bata sehingga suaranya tidak nyaring.

Ketiga bata merah nya kita celupkan ke dalam air beberapa saat, bila hancur bisa dipastikan bata tersebut tidak matang.

Terkadang ada baiknya bata merah yang kita miliki berwarna agak kehitaman atau gosong karena itu menunjukan tingkat kematangannya.

 

Speak Your Mind

*