Tips Memilih Jenis Bata Expose

Bata expose adalah batu bata yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa dipasang atau dipakai membangun tanpa harus melapisinya dengan apapun lagi, kecuali mungkin memberinya lapisan pelindung dari jamur dan lumut. Dengan tidak diberi lapisan apa-apa lagi, beberapa jenis bata expose memberi hasil akhir berupa dinding yang nampak unik; klasik, natural, sekaligus elegan.

Banyak desainer rumah dan gedung bahkan menggabungkan dinding bata expose dengan elemen lain agar memberi kesan kontemporer, dan yang paling sering kita lihat biasanya adalah yang berwarna ‘tradisional’ alias merah. Tetapi, selain bata expose dari bata merah, sebenarnya ada jenis-jenis bata lain. Lalu, mengapa bata expose merah yang termasuk paling laku? Mari kita lihat penyebabnya.

Jenis Bata Expose Berdasarkan Warna

Dari segi pembuatan, semua jenis bata expose sebenarnya cenderung sama; yang membedakan hanyalah keahlian pembuatnya dalam mencampur adonan, mencetak, mengepres, mengeringkan dan membakar si bata. Akan tetapi, ada juga perbedaan dalam cara pembuatan yang memberikan hasil yang cukup berbeda; salah satunya dari segi warna.

Bata expose sebenarnya tidak selalu berwarna merah; ada juga jenis bata expose yang berwarna kelabu, putih dan kehitaman. Perbedaan ini dihasilkan dari alat pembakar yang digunakan ketika batu-batu bata ini dibakar setelah sebelumnya dipres dan dijemur. Batu bata expose yang merah dibakar dengan arang kayu bakar, sementara batu bata expose yang berwarna kelabu, putih dan hitam dibakar dengan jerami.

Dari segi penampilan, jelas batu bata expose berwarna merah yang populer karena nuansa warnanya yang hangat dan tidak membosankan walaupun sebenarnya termasuk netral karena dapat dipadukan dengan apapun. Selain itu, bata expose merah ternyata juga merupakan yang paling tinggi kualitasnya dibandingkan dengan bata serupa yang berwarna kelabu atau kehitaman.

Tips Memilih Jenis Bata Expose Terbaik

Harus diingat bahwa sekedar membeli jenis bata expose yang berwarna merah saja tidak cukup. Anda juga harus teliti dalam membeli sehingga tidak memilih bata yang rapuh dan mudah hancur. Ciri-ciri bata expose yang jelek adalah ketika dipukul-pukulkan satu sama lain, bunyinya tidak seperti ‘ting, ting’ dan bahkan cenderung retak atau pecah sedikit.

Speak Your Mind

*