Trend Penggunaan Bata Expose Pada Hunian Modern

Konsep rumah modern yang terkesan glamour saat ini mulai ditinggalkan. Masyarakat modern mulai beralih menggunakan konsep ‘back to nature’ dengan mengaplikasikan sejumlah material alam sebagai elemen dekoratif. Di antaranya adalah batu bata expose dan batu alam. Tidak heran jika semakin banyak toko yang jual bata expose dan batu alam, sekaligus menyediakan jasa pemasangan secara profesional.

Bata expose memang lebih mahal dibandingkan bata biasa. Namun, jika diperhitungkan kembali biayanya, maka bata merah biasa tidak berbeda jauh dengan bata merah expose. Aplikasi material expose dengan kesan unfinished akan memberikan nuansa hunian yang nyaman. Apalagi bila penataannya dipadukan dengan material kayu. Misalnya pada bagian lantai dan furniture rumah.

Bangkitnya kembali penggunaan bata expose

Penggunaan bata expose dalam interior sebuah rumah pernah populer di tahun 1990-an, namun kemudian tenggelam oleh munculnya konsep hunian kontemporer yang menonjolkan sisi modern, seperti finishing metalik dan krom. Trend tersebut rupanya terulang kembali. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan bata expose untuk dinding bangunan bersifat abadi dan tidak ketinggalan jaman.

Tidak hanya berkesan klasik, bata yang dipasang sebagai unsure dekoratif memberikan aksen gothikyang identik dengan era Victoria. Kuatnya karakter bata expose membuat peminatnya banyak. Trend ini bahkan terlihat lebih menonjol di kalangan pengusaha yang bergerak di bidang akomodasi. Banyak villa-villa atau hotel di kawan pariwisata didesain khusus untuk menghadirkan nuansa alami, karena para pengunjung biasanya membutuhkan nuasan seperti ini setelah mereka menghabiskan masa-masa sibuk di daerah perkotaan.

Konsep bangunan berbahan bata expose memang sesuai dengan iklim tropis di Indonesia. Rumah dengan ruangan luas dan terbuka, berbahan dasar bata expose, dilengkapi dengan ornamen klasik seperti kayu, bunga warna-warni, tanaman hijau serta furniture kayu semakin terlihat memikat. Padukan desain bata expose dengan ornamen yang sesuai seperti tadi untuk memperkuat kesan klasik dirumah anda.

Tips memilih bata yang berkualitas

Kata ekspos menunjukkan bahwa bata tidak tertutupi oleh bagian material lainnya. Untuk membedakan kualitas bata expose yang jelek dan bagus, lihatlah tingkat presisinya di toko yang jual bata tersebut. Semakin padat akan semakin bagus. Bangunan rumah yang memiliki material expose akan memberikan kesan damai, namun jika bata yang anda pilih tidak berkualitas, maka struktur yang dihasilkan tidak akan kokoh. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih bata berkualitas:

  • Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah kekuatannya. Bata yang kuat jika dibenturkan akan menghasilkan suara melengking. Namun jika suaranya terdengar mendam, anda pantas curiga;
  • Cobalah mencelupkan bata ke dalam cairan; bata yang kuat tidak akan mudah terurai. Sebaliknya, bata yang berkualitas tidak baik atau kurang matang akan hancur jika terkena air.

Tertarik untuk merancang sebuah hunian nyaman berbahan dasar bata expose? Silakan hubungi toko yang jual jual bata expose; namun, pastikan anda memilih bata yang benar-benar berkualitas agar lebih tahan lama.

Speak Your Mind

*